PPG PJOK Terbaru: Model Pembelajaran ( Definisi, Fungsi, dan Karakteristiknya

PPG PJOK Terbaru,- Pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG), menuangkan berbagai macam modul guna ketuntasan standar kompetensi guru profesional. Salah satu kompetensi guru profesional yaitu kompetensi pedagogi. Materi dalam modul kompetensi pedagogi salah satunya mengenai model pembelajaran. Kesempatan kali ini kami akan membantu rekan-rekan guru sekalian untuk membahas, merangkum, dan menyajikan informasi mengenai model pembelajaran yang merupakan bagian dalam modul PPG baik PPG Prajabatan maupun PPG Dalam Jabatan.

Baca Juga: 4 Kompetensi Guru Profesional


PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran adalah rangkaian penyajian materi yang meliputi segala aspek sebelum, sedang, dan sesudah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta segala fasilitas terkait yang digunakan secara langsung maupun tidak langsung dalam aktifitas belajar mengajar.

Baca Juga: Kompetensi Pedagogi Guru Profesional

Model pembelajaran juga dapat diartikan sebagai pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi siswa, dan petunjuk kepada guru dalam settingan kegiatan pembelajaran.

FUNGSI MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting dalam keberlangsungan kegiatan pembelajaran di kelas. Fungsi model pembelajaran adalah pedoman pengajar dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan steatmen fungsi di atas maka memberikan kita semua penjelasan bahwa setiap model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran menentukan perangkat yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Model pembelajaran juga memiliki fungsi sebagai pedoman bagai perancang Pembelajaran dan guru dalam merancang dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran yang sudah dirancang dapat tercapai.

CIRI-CIRI MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran memiliki makna yang lebih kompleks daripada prosedur, strategi, dan metode pembelajaran. Secara khusus, model pembelajaran memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh strategi, prosedur, dan metode pembelajaran. Karakteristik atau ciri khas tersebut antara lain:

Baca Juga: Pendekatan Pembelajaran

  • Rasional teoritik yang logis. Maksudnya adalah model pembelajaran disusun oleh pencipta dan pengembangannya
  • Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana peserta didik belajar. Semuanya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah disusun dan akan dicapai
  • Tingkah laku mengajar yang diperlukan. Hal tersebut dilakukan agar model pembelajaran yang dipilih dapat diterapkan secara maksimal dan berhasil dilakukan untuk mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran
  • Mengakomodir lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai

Itulah sekilas mengenai model pembelajaran yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber terpercaya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi oleh rekan-rekan sekalian baik sebagai literatur, maupun sebagai referensi dalam penulisan karya ilmiah. Jika tulisan ini sangat membantu, silahkan sukai laman ini dan bagikan kepada rekan-rekan lainnya melalui laman media sosial rekan-rekan sekalian.

Baca Selengkapnya:

Teknik Penulisan RPP 1 Lembar

Syarat Pengajuan NUPTK Online

Jika terdapat kekeliruan dalam tulisan kami, silahkan komentari pada kolom komentar di bawah ini agar dapat segera kami perbaiki guna menghasilkan informasi yang valid dan relevan.

Terimakasih dan salam sehat buat kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)