PPG PJOK Terbaru: Teknik Penulisan RPP 1 Lembar yang Benar

PPG PJOK Terbaru,- Saat ini, semua guru dan calon guru di Indonesia pasti sedang mencari referensi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat dengan RPP. Terkadang, selain mencari sumber referensi yang valid dan dapat dipercaya, tidak sedikit juga rekan-rekan guru yang langsung mencari link download Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar. Tujuannya hanya membuat semua pekerjaan keguruan menjadi sangat mudah. Namun akan ditemui kendala jika kita sebagai guru menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar hasil download dan bukan hasil karya kita sendiri. Berikut yang biasanya menjadi kendala jika menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar hasil download:

  • Rencana kegiatan pembelajaran yang kita susun tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Kegiatan pembelajaran yang dilakukan biasanya akan tidak sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar yang kita siapkan karena kondisi sekolah kita berbeda dengan kondisi sekolah si pembuat RPP 1 lembar online
  • Akan banyak penyampaian materi yang tidak sesuai dengan RPP

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita semua mencoba untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar sendiri agar hasil pembelajaran sesuai dengan kondisi lapangan dan sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut formatur RPP 1 lembar yang kami sampaikan sebagai bentuk aplikasi dari Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Sebelumnya kami sampaikan dulu bahwa belum ada formatur RPP 1 lembar yang baku ya, jadi sampai informasi ini kami keluarkan masih menggunakan RPP 1 lembar yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Hanya saja inti dari penjabaran RPP biasanya tidak hilang. Berikut formatur RPP 1 lembar mata pelajaran PJOK untuk kelas 5 Sekolah Dasar yang insyaallah bisa dijadikan rekan-rekan guru sekalian sebagai referensi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 1 lembar.

Contoh 

Materi pokok: Olahraga Permainan Bola Besar

Submateri Pembelajaran: Permainan Sepakbola

Diajarkan Pada Kelas: V Semester Ganjil

Alokasi Waktu: 4 x 35 menit

Pada tujuan pembelajaran, dituliskan

Melalui kegiatan pembelajaran olahraga permainan bola besar berupa permainan sepakbola, peserta didik diharapkan:

Mampu menganalisa permainan sepakbola

Mampu melakukan teknik dasar permainan sepakbola

RPP 1 lembar,- Selanjutnya kita masuk dalam penulisan kegiatan pembelajaran, bisa dilihat penjelasan di bawah ini.

Pendahuluan: terdiri dari beberapa komponen seperti orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan. Biasanya dalam pembelajaran PJOK, kegiatan pendahuluan dialokasikan waktu kisaran 15 sampai 20 menit dengan persebaran waktu untuk

Orientasi: melakukan pembukaan dengan salam pembuka dilanjutkan mengajak peserta didik untuk berdoa dalam memulai kegiatan pembelajaran. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai bentuk disiplin. Selanjutnya mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran yang akan dilakukan, dapat dimulai dengan pertanyaan. Setelah itu lakukan pemanasan baik statis maupun dinamis.

Apersepsi: Guru menceritakan sejarah sepakbola, aturan singkat permainan sepakbola, sarana dan prasarana sepakbola. Kemudian peserta didik diminta untuk menceritakan pertandingan sepakbola yang pernah mereka saksikan.

Motivasi: Guru menyampaikan sedikit materi dengan mengaitkan materi berdasarkan cerita pertandingan sepakbola yang pernah disaksikan oleh peserta didik.

Pemberian acuan: guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pokok, KKM, dan sekilas instrumen penilaian.

Selanjutnya kegiatan inti dengan alokasi waktu 100 menit.

Literasi: peserta didik diberi stimulus untuk memusatkan perhatian pada kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik.

Mengamati: peserta didik membaca buku bacaan, menyimak media pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru.

Menanya: melalui kegiatan pengamatan, peserta didik diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan dari permasalahan yang mereka temukan selama kegiatan pengamatan. Dengan aktif guru memberikan jawaban dari pertanyaan yang diutaran oleh peserta didik.

Kolaborasi: peserta didik dalam kelompok mempraktikkan semua aktifitas permainan sepakbola sesuai pengamatan yang mereka lakukan terhadap media pembelajaran

Komunikasi: peserta didik mempresentasikan temuan dari pengalaman yang mereka lakukan selama kegiatan pembelajaran.

Kreativitas: peserta didik bersama guru mengemukakan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan

Selanjutnya adalah penutup. Kegiatan ini memiliki alokasi waktu 20 menit.

Peserta didik: merefleksi diri mengenai apa yang mereka dapatkan selama kegiatan pembelajaran yang baru saja dilakukan.

Guru: memberikan aktivitas penilaian terhadap peserta didik baik secara teori maupun praktek. Kemudian kemukakan mengenai remedial dan pengayaan. Selanjutnya guru menyampaikan tugas lanjutan peserta didik di rumah.

Melakukan aktivitas pendinginan, kemudian membaca do'a lalu secara bergantian guru dan peseeta didik bersalaman. Untuk menambah kekompakan peserta didik menyanyikan yel-yel kelas. Salam penutup.

Di bagian bawah merupakan tempat membubuhkan tandatangan guru mata pelajaran dan diketahui oleh kepala sekolah tertanggal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar dibuat.

Itulah yang dapat kami bagikan mengenai teknik penulisan RPP 1 lembar mata pelajaran PJOK. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi rekan-rekan guru dan calon guru semuanya.

Jika menurut pemirsa sekalian tulisan ini bermanfaat maka silahkan sukai halaman ini dan share ke media sosial yang rekan-rekan miliki. Namun jika tulisan ini masih salah atau kurang baik maka silahkan komentari pada kolom komentar di bawah. 

Klik tombol subscribe di atas, untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai PPG, Keguruan, dan Pendidikan terbaru.

Terimakasih salam sehat untuk kita semua.

Comments

  1. Terimakasih gan sudah share. Jadi sekarang tahu bagaimana teknik penulisan RPP 1 lembar yang baik.
    Sukses selalu ppgpjok.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas supportnya... Semoga tulisan ini bermanfaat...

      Delete

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda secara bijak dan sesuai dengan pembahasan

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)