PPG PJOK Terbaru: Cara Registrasi Akun GTK Oleh P4TK yang Menaungi dengan Mudah dan Cepat

PPG PJOK Terbaru,- Hallo sahabat guru sekalian. Guru-guru hebat apa kabarnya? Dewasa ini, kehidupan keguruan semakin mendekati digitalisasi data. Seakan semua hal yang memiliki keterkaitan dengan guru selalu berhubungan dengan data digital. 


Salah satu syarat untuk mengakses aplikasi SimPKB adalah data GTK. Pertanyaannya bagaimana cara mendaftar agar dapat memiliki akun GTK? Berikut kami ringkas penjelasannya yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber terpercaya.

Baca Juga: Cara Registrasi Akun GTK Secara Mandiri

Pengertian GTK

GTK merupakan singkatan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Sedangkan tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.

Baca Juga: Cara Registrasi Akun GTK Dibantu Oleh Ketua Komunitas

Sekarang kita sudah tau apa itu GTK, apa itu guru, dan apa itu tenaga kependidikan. Sekarang kita akan bahas mengenai Akun Layanan GTK.

Registrasi Akun GTK Oleh P4TK yang Menaungi dengan Mudah dan Cepat

Akun layanan GTK merupakan sebuah data akses yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi validasi (verval) data GTK. Diantara 4 cara untuk memperoleh akun GTK, salah satunya adalah "Menerima cetakan Lembar Akun Guru Pembelajar dari Operator P4TK yang menaunginya"

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (disingkat PPPPTK) adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Metode kutipan di atas, dapat dilakukan melalui bantuan P4TK yang Menaungi , dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Registrasi Akun GTK Dibantu Oleh Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

P4TK dapat melakukan penerbitan dan pencetakan akun Guru Pembelajar melalui akun Admin P4TK (registrasi akun GTK). Berikut langkah-langkah untuk mencetak Akun Guru Pembelajar :

  1. Pada halaman Beranda P4TK, pilih fitur Akun PTK
  2. Pada kotak dialog yang muncul, silakan filter data untuk melakukan pencarian berdasarkan Wilayah Sasaran dan Jenjang Materi
  3. Akan ditampilkan Daftar Akun PTK pada daerah dan jenjang materi yang ditentukan sebelumnya
  4. Untuk mencetak akun PTK, silakan klik tombol opsi seperti gambar dibawah ini
  5. Selanjutnya, pada opsi menu yang muncul klik Cetak Akun atau Reset Password jika akun sudah pernah dicetak sebelumnya
  6. Pilih dan klik YA pada kotak dialog yang muncul.
  7. Serahkan surat pemberitahuan akses layanan tersebut kepada PTK yang bersangkutan

Itulah rangkuman kami mengenai Registrasi Akun GTK Dibantu Oleh P4TK yang Menaungi dari berbagai sumber terpercaya yang berhasil kami akses. Selamat mencoba, semoga sukses.

Baca Juga: Cara Verval Ijazah S1/D4 dengan Mudah Melalui Info GTK

Jika informasi kami ini berguna bagi rekan-rekan sekalian, silahkan bagikan informasi ini ke media sosial rekan-rekan sekalian agar rekan-rekan lain yang membutuhkan informasi serupa dapat terbantukan. Jangan lupa untuk klik subscribe pada bagian atas halaman ini. Kami juga mohon untuk masukan kritiknya atas tulisan yang kami buat ini agar kedepannya kami dapat memberikan informasi yang jauh lebih baik lagi. 

Baca Selengkapnya:

Cara Registrasi Akun GTK Secara Mandiri

Cara Registrasi Akun GTK Dibantu Oleh Ketua Komunitas

Cara Registrasi Akun GTK Dibantu Oleh Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

Sekian dari kami, terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)