PPG PJOK Terbaru,- Analisis Kurikulum 2013

PPG PJOK Terbaru,- Kurikulum adalah sebuah perangkat terpenting dalam dunia pendidikan. Kurikulum juga menunjukkan arah pembangunan pendidikan yang dicita-citakan. Namun biasanya sebagian besar guru di Indonesia belum memahami bagaimana kurikulum yang disusun oleh tokoh pendidikan dapat teraplikasi dengan jelas untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini, kami akan merangkum informasi mengenai analisis kurikulum.

Analisis kurikulum merupakan bagian dari materi perkuliahan PPG baik dalam jabatan maupun prajabatan. Analisis kurikulum merupakan lembar kerja mahasiswa PPG untuk nomor satu atau biasa disebut dengan LK 1. Berikut penjabaran informasi yang kami himpun mengenai analisis kurikulum.

PENGERTIAN ANALISIS KURIKULUM

Kurikulum adalah dokumen yang dibuat untuk menjadi petunjuk atau arahan kemana pendidikan akan dibawa dan pola pendidikan seperti apa yang hendak diterapkan, dianggap cocok dan tepat agar dapat menjadi tujuan yang telah ditetapkan. Literatur lain menjelaskan, kurikulum adalah rencana tertulis mengenai kualitas pendidikan yang harus dimiliki oleh peserta didik melalui suatu pengalaman belajar.

Disiplin ilmu memiliki posisi sentral dalam kurikulum. Kurikulum dan pendidikan haruslah mentransfer berbagai disiplin ilmu sehingga peserta didik menjadi warga masyarakat yang dihormati.

PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA

Secara umum, perubahan dan penyempurnaan kurikulum dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Perubahan kurikulum tersebut dilakukan agar kurikulum tidak ketinggalan dengan perkembangan masyarakat, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologinya. Kurikulum 2013 ialah kurikulum resmi yang digunakan di sekolah-sekolah negeri dan swasta di seluruh Tanah Air, termasuk sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri (SILN). Karena Kurikulum 2013 merupakan pedoman resmi kegiatan pembelajaran, langkah awal yang harus dilakukan pengembang soal-soal ujian nasional ialah melakukan analisis terhadap kurikulum ini. 

Baca Juga: Pendekatan Pembelajaran

Pengembang soal-soal tes mengawali pekerjaan dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran, domain skills, konten atau topik-topik pembelajaran yang layak untuk digunakan pada sebuah aktivitas penilaian/tes. Dari hasil analisis kurikulum ini, disusun sebuah kisi-kisi tes (table of test specification), yang isinya menjelaskan tentang tujuan penilaian, domain skills, topik-topik (content areas), jumlah soal, dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal dimaksud.

Baca Juga: Pengajuan NUPTK Online

Terkait dengan kurikulum, content-representativeness and relevance penting untuk diteliti sekaligus memastikan konten/topik-topik yang terpilih guna dijadikan soal-soal tes, memang merupakan topik-topik yang penting dan esensial yang terdapat pada kurikulum.

Analisis konten dan domain/thinking skills juga perlu dilakukan untuk mengecek kedalaman (indepthness), otentitas, dan keterpakaian/kegunaannya pada kehidupan nyata (real life situation). Sementara itu, domain skills atau thinking process and skills represented, dianalisis untuk mengetahui apakah soal-soal yang disusun menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher level of thinking skills) dari peserta tes didik agar dapat menyelesaikannya.

Baca Juga: 4 Kompetensi Guru Profesional

Soal-soal semacam ini juga harus dapat dibandingkan dengan situasi nyata dalam kelas yang pernah dialami peserta didik sebelumnya. Jangan sampai terjadi soal-soal yang dikategorikan sebagai HOTS itu, ternyata sudah sering dilatihkan/digunakan pada kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah. Setiap soal/tugas (pada soal uraian) yg dipilih hendaklah dinilai berdasarkan signifikansi, otentisitas, kesesuaian, keterbacaan, dan kemanfaatan (pada aktivitas kehidupan nyata)

Baca Juga: Cara Cetak Kartu NUPTK Online

Itulah informasi yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber terpercaya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi rekan-rekan guru sekalian. Jika tulisan ini bermanfaat bagi anda semua maka klik menyukai dan membagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. Terimakasih dan salam sukses untuk kita semua.



Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)