Organisasi Keguruan di Indonesia: Pergumapi, IGI, dan PGRI

Organisasi Keguruan di Indonesia: Pergumapi, IGI, dan PGRI



PPG PJOK Terbaru,- Organisasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam hidup manusia. Organisasi merupakan suatu sarana bagi sekelompok manusia yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mencapai tujuan bersama. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak terlepas dari interaksi dengan sesama manusia, dan organisasi merupakan wadah penyalurnya. Selain itu, organisasi juga sebagai sarana untuk menyalurkan eksistensi diri manusia itu sendiri sebagai salah satu kebutuhan psikis dalam perkembangan diri. Kebutuhan sebagai makhluk sosial, eksistensi diri, dan menyampaikan aspirasi juga merupakan kebutuhan guru, Oleh sebab itulah guru juga perlu memiliki dan keterlibatan secara masif dalam organisasi.

Pada kesempatan kali ini, PPG PJOK Terbaru akan menyajikan informasi mengenai organisasi-organisasi keguruan yang terdapat di Indonesia dan memiliki eksistensi yang baik di negeri ini. Berikut tiga organisasi keguruan yang eksis dalam membangun citra guru serta aktif dalam menyampaikan aspirasi guru se Indonesia.

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi)

Dalam laman Wikipedia Indonesia, menjelaskan Perkumpulan Guru Madrasah Penulis atau Pergumapi adalah organisasi atau asosiasi yang beranggotakan guru-guru madrasah penulis di Indonesia. Selain guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah dapat menjadi anggota organisasi ini. Keanggotaan bersifat aktif sehingga untuk dapat bergabung di organisasi ini, calon anggota terlebih dahulu harus melalui proses pendaftaran. Pergumapi didirikan tanggal 8 Januari 2018 dengan Akta Notaris Siti Hanifah, S.H. yang berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta serta Keputusan Menkumham RI Nomor AHU-0006654.AH.01.07.Tahun 2018.

Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Persatuan Guru Republik Indonesia (disingkat PGRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru. Organisasi ini didirikan dengan semangat perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda, pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGRI memiliki afiliasi dengan ASEAN Council of Teachers. PGRI juga tergabung dalam Education International, sebuah organisasi guru dunia yang terdiri dari 172 negara.

Itulah informasi yang kami sampaikan mengenai organisasi keguruan di Indonesia. Masih banyak lagi organisasi keguruan ataupun komunitas keguruan yang ada, kesemuanya memiliki cita-cita yang sama yaitu membangun citra baik guru, dan sebagai sarana menyampaikan aspirasi guru di Indonesia.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan dapat menjadi referensi bagi kita semua. 

Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat menjadi ladang ilmu bagi rekan-rekan sekalian dan semoga tergerakkan hati pembaca berbahagia semua untuk klik tombol subscribe dan menyukai halaman ini untuk mendapatkan informasi terupdate dari kami. Semoga juga pembaca sekalian berkenan untuk membagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya sebagai jalan menuju ladang amal ibadah kita semua.

Kami menyadari informasi yang kami sampaikan ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami berharap kritik dan saran melalui kolom komentar yang tersedia pada bagian bawah halaman ini untuk sebagai koreksi bagi kami agar informasi yang kami sampaikan kedepannya nanti jauh lebih baik lagi.

Terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)