PPG PJOK Terbaru,- Model Pembelajaran Kooperatif Learning (Pengertian, Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Elemen)

PPG PJOK Terbaru,- Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Manusia dalam kehidupannya membutuhkan manusia lainnya untuk mencapai sesuatu sebagai bagian dari interaksi antar manusia. Kehidupan alamiah manusia tersebut memiliki keterkaitan dengan salah satu jenis model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. 

Baca Juga: Model Pembelajaran


Model pembelajaran yang dimaksud di atas adalah cooperatife learning. Model pembelajaran kooperatif learning juga bagian dari salah satu modul yang terdapat dalam modul PPG baik PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas jenis model pembelajaran kooperatif learning berdasarkan materi yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber belajar terpercaya.

PENGERTIAN KOOPERATIF LEARNING

Sesuai dengan pembahasan di atas, maka kooperatif learning adalah suatu model pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, tugas dan tanggung jawab. Kooperatif sendiri adalah miniatur dari hidup bermasyarakat, dan menyadari kekurangan serta kelebihan masing-masing individu (siswa). Wikipedia Indonesia mengungkapkan kooperatif learning merupakan istilah umum untuk sekumpulan strategi pembelajaran yang dirancang untuk mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar sesama siswa. 

DEFINISI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING

Pembelajaran kooperatif learning berlandaskan pada teori kognitif. Menurut Vygotsky (1978, 1986) menekankan pada interaksi sosial sebagai sebuah mekanisme untuk mendukung perkembangan kognitif. Selain itu, model pembelajaran kooperatif learning juga didukung oleh teori belajar information processing dan cognitif theory of learning. Dalam penerapannya, model pembelajaran kooperatif learning membantu siswa untuk lebih mudah memproses informasi yang diperoleh, karena proses encoding akan didukung dengan interaksi yang terjadi dalam pembelajaran kooperatif learning.

TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING

Adapun yang menjadi tujuan dalam pembelajaran kooperatif learning adalah:

  1. Hasil akademik
  2. Penerimaan terhadap keberagaman
  3. Perkembangan keterampilan sosial

MANFAAT MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING

Selain tujuan, model pembelajaran kooperatif learning juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Mengajarkan siswa menjadi percaya diri pada guru, Kemampuan untuk berfikir, Mencari informasi dari sumber lain, Belajar dari siswa lain
  2. Mendorong siswa untuk mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan dengan ide temannya
  3. Membantu siswa belajar menghormati siswa yang pintar dan siswa yang lemah
  4. Menerima perbedaan

ELEMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING

Menurut Johnson dan Johnson (2009), terdapat lima elemen terkait pembelajaran kooperatif. Lima elemen yang dimaksud antara lain:

  1. Independensi positif
  2. Interaksi tatap muka promotif
  3. Akuntabilitas individual dan kelompok
  4. Kemampuan sosial
  5. Perkembangan dalam kelompok

Itulah secelumit informasi yang berhasil kami himpun mengenai model pembelajaran kooperatif learning dari berbagai sumber terpercaya. Jika informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua, kami mohon untuk dapat menyukai dengan klik subscribe pada bagian atas halaman, dan bagikan informasi ini untuk teman-teman lainnya yang membutuhkan. Jika informasi ini masih dirasa kurang, silahkan bubuhkan komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini, agar kami dapat memperbaiki kekeliruan yang terjadi.

Baca Selengkapnya

Pendekatan Pembelajaran

Teknik Penulisan RPP 1 Lembar

4 Kompetensi Guru Profesional

Sekian informasi dari kami, terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.


Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)