PPG PJOK Terbaru: Variasi Gerak Dasar Non-lokomotor dalam Permainan Sepakbola

PPG PJOK Terbaru,- Sepakbola sangatlah familiar. Olahraga permainan sepakbola adalah olahraga permainan bola besar yang sangat akrab dalam kehidupan masyarakat dunia khususnya Indonesia. Olahraga permainan sepakbola sebagai olahraga populer tentu sangat wajar jika permainan sepakbola masuk dalam kurikulum PJOK dari semua jenjang. Pada kesempatan yang bahagia ini PPG PJOK Terbaru akan membagikan informasi mengenai variasi gerak dasar non-lokomotor dalam permainan sepakbola.

Baca Juga:

Siaran Pers Kemendikbud Nomor: 368/sipres/A6/XI/2020

Landasan Hukum Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Pengertian Permainan Sepakbola

Menurut Encyclopaedia Britannica (2015) dalam Kompas.com menyebutkan sepak bola merupakan jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu beranggotakan 11 orang yang membentuk tim kesebelasan. Kaki merupakan bagian tubuh digunakan pada sepak bola, sedangkan kaki dan lengan tidak diperbolehkan kecuali penjaga gawang untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Selama ini cukup banyak diantara kita yang sudah mengetahui mengenai teknik dasar dalam permainan sepakbola. Teknik dasar ini sangat penting untuk dikuasai mengingat bahwa permainan sepakbola akan hilang ruh permainannya jika kita belum menguasai teknik dasarnya. Berikut beberapa teknik dasar permainan sepakbola yang wajib kita ketahui dan miliki

  1. Dribbling atau menggiring bola
  2. Passing atau mengumpan atau juga mengoper bola
  3. Shooting atau menembak bola ke arah gawang

Cukup luas penjabaran mengenai teknik dasar permainan sepakbola, dan akan kita bahas lebih detail pada halaman selanjutnya di PPG PJOK Terbaru.

Variasi Gerak Dasar

Terdapat gerak dasar yang menjadi pondasi dalam setiap aktivitas kehidupan termasuk olahraga. Variasi gerak dasar yang dimaksud antara lain:

  • Lokomotor
  • Non-lokomotor
  • Manipulatif

Pengertian Gerak Dasar Non-lokomotor

Menurut media.neliti.com Jenis gerakan lokomotor yaitu: berjalan, berlari, meloncat, melayang dan jenis gerakan lainnya yang ditandai dengan perubahan tempat. Gerak non lokomotor merupakan jenis gerakan yang dilakukan di tempat tidak ada perubahan dari satu titik ke titik lain.

Variasi Gerak Dasar Non-lokomotor dalam Permainan Sepakbola

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola maka pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas mengenai Variasi Gerak Dasar Non-lokomotor dalam Permainan Sepakbola. 

Konsep dasar gerak dalam Permainan Sepakbola sangatlah penting karena merupakan pondasi awal dalam penerapan bermain sepakbola. Berikut kami sampaikan variasi gerak dasar non-lokomotor dalam permainan sepakbola

  1. Menangkap bola yang dilakukan oleh kiper atau penjaga gawang dalam kondisi diam di tempat menunggu bola yang menghampiri
  2. Melempar bola dengan posisi kedua kaki diam di tempat
  3. Menendang bola tanpa ada awalan lari ataupun berjalan

Masih banyak lagi variasi gerak dasar non-lokomotor dalam permainan sepakbola jika kita terus amati setiap step atau langkah dalam permainan sepakbola.

Baca Juga:

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola

Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepakbola

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jika tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian maka silahkan klik sukai halaman ini dan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. Mohon juga untuk berkomentar yang konstruktif pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)