Fakta Menarik Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021

Fakta Menarik Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021

PPG PJOK Terbaru,- Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia. Setiap negara di seluruh penjuru dunia memiliki tim kebanggaan sepakbola tersendiri. Banyak persiapan yang dilakukan oleh setiap Tim Nasional Sepakbola di seluruh dunia. Salah satu persiapan yang dilakukan oleh semua negara adalah untuk menjuarai piala dunia. 

Piala Dunia FIFA U-20 akan diselenggarakan di Indonesia. Banyak event internasional yang sudah dilakukan di Indonesia dan semuanya berjalan dengan sukses. Melalui rapat Dewan FIFA di Shanghai, Cina, Kamis, 24 Oktober 2019, mengumumkan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan piala dunia FIFA U-20. Badan sepak bola dunia atau FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Terdapat beberapa fakta tentang posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Fakta-fakta tersebut diantaranya:

  1. Indonesia menjadi negara kedua di kawasan Asia Tenggara yang menggelar Piala Dunia U-20. Kita ketahui bahwa sebelumnya Malaysia pernah menjadi tuan rumah pada 1997 dengan nama Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA.
  2. Pengajuan proposal, Indonesia menawarkan jargon 'diversity' (keanekaragaman), 'unity' (persatuan) dan 'opportunity' (kesempatan). Maksud ketiga kata tersebut adalah Indonesia memiliki basis suporter sepak bola (unity) yang sangat besar dan berasal dari berbagai macam suku  (diversity). Jika Piala Dunia digelar di Indonesia, maka itu menjadi kesempatan (opportunity) untuk mengembangkan potensi besar sepak bola di Tanah Air.
  3. Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Peru, yang mengajukan diri sebagai tuan rumah.
  4. Turnamen akan diikuti 24 tim dari seluruh dunia. Saat ini babak kualifikasi belum berlangsung. Eropa akan mengirimkan lima wakilnya, sedangkan Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Amerika Utara masing-masing mengirimkan 4 wakil. Oceania hanya berhak atas 2 tiket.
  5. Di Asia, perebutan tiket dilakukan lewat Piala Asia 2020. Nantinya tim yang lolos ke semifinal berhak tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2021.
  6. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhak tampil langsung di putaran final.
  7. Turnamen nanti akan menjadi penampilan perdana Indonesia di Piala Dunia U-20.
  8. PSSI menyiapkan Timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini untuk mengikuti kejuaraan ini.
  9. Tim yang paling sering juara di Piala Dunia U-20 adalah Argentina (6 kali), disusul Brasil (5 kali) dan Portugal (2 kali). Belum ada wakil Asia yang pernah juara
  10. Indonesia menyiapkan 10 stadion untuk jadi lokasi pertandingan nanti, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Fakta Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021 dari berbagai sumber terpercaya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kita semua. Untuk mendapatkan informasi terupdate dari kami, silahkan klik subscribe pada bagian atas halaman ini atau klik tanda sukai. Untuk menambah ladang amal ibadah kita mari kita bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. Kami menyadari bahwa informasi yang kami sampaikan ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semuanya melalui kolom komentar yang tersedia pada bagian bawah halaman ini guna menjadi perhatian kami nantinya untuk memberikan informasi yang lebih baik lagi.


Terimakasih, dan salam sehat untuk kita semua


Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)