Covid19, 2 Alternatif Belajar ini Dipakai Kemendikbud

Covid19, 2 Alternatif Belajar ini Dipakai Kemendikbud

PPGPJOKTERBARU,- Covid19 masih menunjukkan keganasannya. Kondisi saat ini menunjukkan peningkatan kasus Covid19 di berbagai wilayah di Indonesia. Melihat hal tersebut, tampaknya aktivitas belajar mengajar semester genap tahun 2021 peserta didik sekolah dasar (SD) akan kembali tertunda. 

Meningkatnya kasus Covid19 mengharuskan Kemendikbud segera mengambil kebijakan baru. Kebijakan yang dapat diambil oleh Kemendikbud ada 2 alternatif pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 2 alternatif pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau PJJ tersebut ialah aktivitas pembelajaran daring atau luring.

Pembelajaran peserta didik semester genap tahun ajaran 2020/2021, Kemendikbud memberikan program belajar alternatif selain tatap muka. Program belajar yang dimaksud adalah Belajar Dari Rumah ( BDR) melalui tayangan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang PAUD dan Sekolah Dasar.

PJJ akan diterapkan walau ada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 Masa Pandemi Covid-19 yang diumumkan 20 November 2020.


Alternatif PJJ Lewat TVRI

Jadwal BDR TVRI, pembagian waktunya sesuai jenjang:

  • Jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 - 08.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 - 09.00 WIB.
  • Jenjang SD kelas 2 pukul 09.00 - 09.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 3 pukul 09.30 - 10.00 WIB
  • Jenjang SD kelas 4 pukul 10.00 - 10.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 5 pukul 10.30 - 11.00 WIB.
  • Jenjang SD kelas 6 pukul 11.00 - 11.30 WIB.


Alternatif PJJ Daring

Peserta didik dan pendidik dapat mengakses TV Edukasi secara online dengan mengakses laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan bisa akses kanal pembelajaran lewat belajar.id. termasuk melalui aplikasi Rumah Belajar. Melalui laman Guru Berbagi, pendidik saling berbagi pola pembelajaran yang efektif. Laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id. menyediakan bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja.


Itulah informasi yang dapat kami bagikan mengenai alternatif PJJ jika kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah kembali akan ditunda. Semoga bermanfaat dan dapat dibagikan kepada rekan-rekan lainnya yang membutuhkan.

Terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)