Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru,- Organisasi adalah sebuah wadah yang terbentuk dikarena sekelompok manusia yang memiliki visi dan misi yang sama, memiliki cita-cita yang sama, memiliki perasaan senabis sepenanggungan yang berjuang secara bersama untuk mencapai cita-cita bersama. 

Salah satu organisasi keguruan yang ada di Indonesia adalah Perkumpulan Guru Madrasah Penulis atau yang biasa disebut Pergumapi.

Sekilas Pergumapi

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis atau Pergumapi adalah organisasi atau asosiasi yang beranggotakan guru-guru madrasah penulis di Indonesia. Selain guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah dapat menjadi anggota organisasi ini. Keanggotaan bersifat aktif sehingga untuk dapat bergabung di organisasi ini, calon anggota terlebih dahulu harus melalui proses pendaftaran. Pergumapi didirikan tanggal 8 Januari 2018 dengan Akta Notaris Siti Hanifah, S.H. yang berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta serta Keputusan Menkumham RI Nomor AHU-0006654.AH.01.07.Tahun 2018.

Sejarah Pergumapi

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis atau Pergumapi didirikan untuk tujuan menghimpun guru madrasah penulis dan guru-guru madrasah yang berkeinginan belajar menulis. Selain beranggotakan guru-guru, organisasi ini juga beranggotaan kepala dan pengawas madrasah.

Embrio Pergumapi mulai dibicarakan tahun 2016 oleh guru-guru penulis dari berbagai daerah di Indonesia dengan nama Asosiasi Guru Madrasah Penulis Indonesia atau Agumapi. Tanggal 8 Januari 2018, Agumapi berubah nama menjadi Pergumapi atau Perkumpulan Guru Madrasah Penulis. Perubahan nama ini terkait aturan nama organisasi yang berlaku di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Tanggal perubahan nama ini kemudian dinyatakan sebagai tanggal berdirinya Pergumapi. Tanggal 9 Januari 2018, nama Pergumapi didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Tanggal 23 Februari 2018, Akta Notaris Siti Hanifah yang berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta ditandatangani perwakilan pendiri yang terdiri atas Anita Isdarmini, Ahmads Arif Ma'ruf, Siska Yuniati, Noor Shofiyati, dan Septy Andari Putri.

Fokus Kerja

Sebagai organisasi para penulis, Pergumapi yang mengusung moto berkarya, berbagi, dan mengabdi ini, fokus kepada kegiatan penulisan, mulai pendidikan dan pelatihan menulis, praktik menulis, hingga penerbitan karya anggota.

Keanggotaan

Keanggotaan Pergumapi bersifat aktif, mereka yang bergabung terlebih dahulu harus melalui proses pendaftaran. Terdapat dua jenis anggota Pergumapi, yaitu anggota biasa serta anggota kehormatan. Anggota biasa adalah para guru, kepala, dan pengawas madrasah yang menenuhi syarat tertentu dan mendaftar sebagai anggota. Anggota kehormatan terdiri atas sosok, tokoh, atau pejabat yang memiliki kontribusi besar dalam mendukung perjalanan Pergumapi maupun kepenulisan secara umum.

Baca Juga:

Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pergumapi dari berbagai sumber terpercaya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kita semua. Untuk mendapatkan informasi terupdate dari kami, silahkan klik subscribe pada bagian atas halaman ini atau klik tanda sukai. Untuk menambah ladang amal ibadah kita mari kita bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. Kami menyadari bahwa informasi yang kami sampaikan ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semuanya melalui kolom komentar yang tersedia pada bagian bawah halaman ini guna menjadi perhatian kami nantinya untuk memberikan informasi yang lebih baik lagi.

Terimakasih, dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)