Fakta Unik Sepakbola Indonesia yang Perlu Diketahui

Fakta Unik Sepakbola Indonesia yang Perlu Diketahui

PPG PJOK Terbaru,- Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia. Setiap negara di seluruh penjuru dunia memiliki tim kebanggaan sepakbola tersendiri. Banyak persiapan yang dilakukan oleh setiap Tim Nasional Sepakbola di seluruh dunia. Salah satu persiapan yang dilakukan oleh semua negara adalah untuk menjuarai piala dunia. Termasuk Indonesia tentunya akan mempersiapkan penampilan terbaik. Namun selepas dari hal itu ternyata ada beberapa fakta unik dan menarik seputar persepakbolaan tanah air. Berikut adalah fakta unik seputar sepakbola Indonesia versi INF Indonesia:

Indonesia merupakan Negara Pertama di Asia yang Berhasil Masuk Piala Dunia

Indonesia sebenarnya pernah masuk piala dunia dengan nama “Hindia Belanda” pada tahun 1938. Pada saat itu belum pernah ada negara Asia yang berhasil menembus piala dunia selain Indonesia. Pada tahun 1954 barulah ada yang bisa memecahkan rekor Indonesia sebagai satu-satunya negara Asia yang masuk piala dunia yaitu Korea Selatan.

Bermain Bola dengan Mengenakan Kacamata

dr. Achmad Nawir, merupakan kapten timnas yang berprofesi sebagai dokter, mengenakan kacamata saat turun ke lapangan, hal ini merupakan suatu hal yang yang tak lazim dan sangat jarang dilakukan oleh pemain dari nagara lain.

Kapten Timnas Berprofesi sebagai Dokter

Dr. Achmad Nawir yang merupakan Kapten Timnas Indonesia (Hindia Belanda) pada masa itu rupanya berprofesi sebagai dokter. Namun jangan remehkan pemain dari klub Soebarajasche Voetbal Bond ini hanya karena beliau seorang dokter. Dr. Achmad Nawir dipercaya menjadi kapten oleh sang pelatih dan berhasil menoreh prestasi yang cukup membanggakan.

Striker Legendaris Indonesia Berprofesi sebagai Tukang Becak

Andi Ramang sang penyerang legendaris bekerja menarik becak guna mencari nafkah.

Stadion Utama Gelora Bung Karno Pernah Menjadi Stadion ke-4 Terbesar di Dunia

Pada awal berdirinya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pernah menjadi salah satu stadion terbesar di dunia, namun sekarang posisi sudah tergeser dan hanya menjadi stadion terbesar ke-2 se-Asia Tenggara

Kemenangan Terbesar Indonesia [13-1]

Pada kompetisi Tiger Cup tahun 2002 Indonesia pernah mengalahkan Filipina dengan skor telak, yaitu 13-1. Hal ini memecahkan rekor kemenangan Indonesia yang sebelumnya pada tahun 1972 yang berhasil membantai Filipina 12-0

Kiper Indonesia Pernah Berhasil Menahan Tendangan Penaliti Pele

Pada tahun 1972 timnas Brazil melakukan tour di Asia, termasuk Indonesia. Pada laga Indonesia – Brazil tersebut, kiper Indonesia yaitu Rony Pasla berhasil menahan tendangan penalti dari Pepe, kendati akhirnya Indonesia takluk 2-1 pada pertandingan tersebut. Rony Pasla akhirnya mendapatkan gelar “Penjaga Gawang Terbaik Nasional” pada tahun 1994.

Supporter Indonesia merupakan Suporter terbesar dan terfanatik no. 3 di Dunia

Suporter Indonesia termasuk ke dalam 10 suporter terbesar dan terfanatik di dunia dengan menempati posisi 3. Franz Anton Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan suporter terloyal di dunia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka rata-rata kepadatan stadion yang mencapai 96%.

Klub Indonesia pernah Mengalahkan Arsenal dengan Skor 2-0

Saat melawan Niac Mitra (sekarang Mitra Kukar) pada 17 Juni 1983 di Surabaya, Arsenal berhasil ditaklukan oleh Niac Mitra dengan skor 2-0. Pencetak gol untuk Niac Mitra kala itu adalah Fandi Ahmad “37 dan Joko Malis “85.

71% Klub Sepakbola Indonesia Berawalan Huruf P

Dari 250 klub sepak bola Indonesia (termasuk ISL, IPL, Liga Indonesia Cup, Divisi Utama, Divisi 1, 2, dan 3) 178 diantaranya berawalan huruf P. Dari 178 klub tersebut sebagian besar berawalan “Per” sedangkan sisanya berawalan “PS” dan “Pelita”

Indonesia Menolak untuk Ladeni Israel

Indonesia berhasil melaju ke babak ke-2 kualifikasi Piala Dunia 1958 (Swedia) setelah menaklukan Cina dalam pertandingan tandang dan kandang. Dalam babak ke-2 kualifikasi piala dunia tersebut, Indonesia tergabung bersama Sudan, Mesir, dan Israel. Sikap politik Indonesia membuat Indonesia menolak untuk melawan Israel, hal yang sama juga dilakukan oleh Sudan dan Mesir.

Peringkat FIFA Tertinggi Indonesia adalah 76

Pada bulan September tahun 1998 Indonesia sedang berada di masa kejayaannya dan kala itu Indonesia berhasil menduduki peringkat 76.

Pada tahun 1920, di Indonesia Sepakbola Dikenal dengan Istilah Voetbal

Sepakbola mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1920 dan pada saat itu sepak bola dikenal dengan istilah voetbal yang diambil dari bahasa Belanda.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Fakta Unik Sepakbola Indonesia dari berbagai sumber terpercaya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kita semua. Untuk mendapatkan informasi terupdate dari kami, silahkan klik subscribe pada bagian atas halaman ini atau klik tanda sukai. Untuk menambah ladang amal ibadah kita mari kita bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. Kami menyadari bahwa informasi yang kami sampaikan ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semuanya melalui kolom komentar yang tersedia pada bagian bawah halaman ini guna menjadi perhatian kami nantinya untuk memberikan informasi yang lebih baik lagi.

Terimakasih, dan salam sehat untuk kita semua

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)