PPG PJOK Terbaru: Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola

PPG PJOK Terbaru,- Olahraga permainan sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang sangat populer di dunia. Semua belahan dunia, dan semua negara mengenal dengan baik cabang olahraga permainan sepakbola, bahkan dari semua jenjang usia. Pada kesempatan kali ini PPG PJOK Terbaru akan memberikan ulasan materi mengenai variasi Gerak dasar permainan sepakbola secara khusus pada materi gerak dasar Lokomotor.

Pengertian sepak bola

Menurut Wikipedia Indonesia, sepakbola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Sehingga bola yang digunakan dalam permainan sepakbola menggunakan ukuran bola yang besar.

Baca Juga:

Cara Registrasi Akun GTK

Pengertian Gerak Dasar Lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempat yang lain.

Baca Juga:

Model Pembelajaran

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola

  • Berlari, dalam permainan sepakbola banyak aktivitas di lapangan yang diisi dengan aktivitas berlari. Salah satu bentuk aktivitas berlari dalam permainan sepakbola ialah berlari mengejar bola atau berlari mengejar lawan yang sedang mengontrol bola.
  • Menggiring, salah satu teknik dasar permainan sepakbola adalah menggiring, sehingga gerak menggiring bola yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan membawa bola menuju tempat yang diinginkan sebagai bentuk perpindahan bola bersama pemain maka aktivitas ini dapat menjadi salah satu bentuk variasi gerak dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola.
  • Melompat, dalam permainan sepakbola tidak jarang terdapat bola lambung yang dihadapi. Hal tersebut menjadikan pemain sepak bola untuk menjangkaunya diharuskan melompat sehingga terkadang hasil lompatan menyebabkan perpindahan posisi dari awalan melompat dengan tempat mendarat melompat sehingga hal ini menjadikan salah satu variasi gerak dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola.
  • Berjalan, dalam permainan sepakbola yang terdiri dari lama pertandingan normal 45 menit dalam satu babak menjadikan para pemain menjaga konsentrasi dan kondisi fisik dengan berjalan sembari menunggu kondisi bola mendekat atau dalam jangkauan untuk bertindak. Aktivitas ini merupakan bagian dari variasi gerak dasar Lokomotor dalam Permainan Sepakbola.

Selain hal tersebut di atas masih banyak lagi aktivitas dalam permainan sepakbola yang merupakan bagian dari variasi gerak dasar Lokomotor. Semoga penjabaran materi yang kami sampaikan ini bisa menjawab salah satu pertanyaan populer yang terdapat pada laman brainly. Jika penjabaran ini bermanfaat maka kami mohon kesediaannya untuk mengikuti laman blog kami dengan klik ikuti pada bagian atas halaman. Jangan lupa juga informasi ini dibagikan kepada semua kerabat yang membutuhkan. Semoga hal baik yang kita bagikan dapat menjadi ladang amal buat kita semua. Apabila kerabat sekalian menganggap masih perlu adanya perbaikan kami mohon masukannya pada kolom komentar di bawah ini, sehingga postingan kami kedepannya nanti dapat menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:

Informasi Lengkap PPG Terbaru

Terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)