Beasiswa Kuliah S1 Universitas Pertamina untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat Tahun 2021

Beasiswa Kuliah Strata Satu (S1) Universitas Pertamina untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat Tahun 2021

PPGPJOKTerbaru,- Hallo rekan-rekan semua apa kabarnya? Semoga dalam keadaan baik semuanya ya. Teman-teman semua yang kini berada pada jenjang SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 yang akan lulus pada tahun 2021 ada kabar baik dari kami. Tentunya kalian yang akan lulus tahun 2021 banyak yang akan melanjutkan untuk kuliah. Jika kalian bingung dengan tempat kuliah yang terbaik dan juga bingung biayanya, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai beasiswa kuliah S1 di Universitas Pertamina. Berikut penjabarannya:

Yayasan Pertamina Foundation mengelola sebuah universitas yang bernama Universitas Pertamina yang didirikan di Jakarta. Universitas Pertamina menawarkan program beasiswa dengan skema beasiswa ekonomi. Beasiswa ekonomi Universitas Pertamina adalah beasiswa yang ditujukan untuk rekan-rekan semuanya lulusan SMA/SMK/Sederajat yang berprestasi namun mengalami kendala dalam hal ekonomi ataupun pembiayaan untuk kuliah. Di bawah ini akan kami jabarkan info mengenai beasiswa ekonomi universitas Pertamina 2021 secara rinci. Yuk mari kita pahami satu persatu.

Beasiswa Kuliah S1 Universitas Pertamina untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat Tahun 2021

Universitas Pertamina memiliki kampus yang terletak di Jalan Teuku Nyak Arief, Simprug-Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Universitas Pertamina adalah salah satu kampus terbaik yang berada di Ibukota Jakarta. Universitas Pertamina memiliki 6 Fakultas yang terdiri dari 15 program studi S1. Program studi yang dimaksud antara lain:

  1. Program studi Teknik Geologi
  2. Program studi Teknik Geofisika
  3. Program studi Teknik Perminyakan
  4. Program studi Teknik Elektro
  5. Program studi Teknik Mesin
  6. Program studi Teknik Kimia
  7. Program studi Teknik Logistik
  8. Program studi Manajemen
  9. Program studi Ilmu Ekonomi
  10. Program studi Teknik Sipil
  11. Program studi Teknik Lingkungan
  12. Program studi Kimia
  13. Program studi Ilmu Komputer
  14. Program studi Hubungan Internasional
  15. Program studi Ilmu Komunikasi


Keunggulan Universitas Pertamina

Selain dengan banyaknya jumlah program studi yang masuk kategori mudah dalam mendapatkan pekerjaan, universitas Pertamina juga memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan tersebut antara lain:

  1. Staf pengajar Universitas Pertamina merupakan staf pengajar yang berpengalaman dan merupakan lulusan terbaik dari perguruan tinggi terkemuka baik perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri.
  2. Proses pembelajaran dirancang sesuai dengan kurikulum yang menanamkan keterampilan berpikir kritis dan keahlian menyelesaikan masalah yang kompleks terkait dengan teknologi terkini dan bisnis energi melalui penugasan dan aktivitas proyek mahasiswa.
  3. Universitas Pertamina menggunakan sistem pembelajaran bilingual dalam menuju world class university dan dalam upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
  4. Sarana dan prasarana terbaik disediakan oleh Universitas Pertamina untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran Mahasiswanya.


Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina terbuka untuk Tahun Akademik 2021/2022 untuk lulusan terbaik SMA/SMK/Sederajat Tahun 2021. Calon peserta yang mendaftar dan lulus melalui jalur seleksi nilai raport periode I dan periode II Universitas Pertamina dengan ketentuan memiliki prestasi akademik yang sangat baik namun terkendala ekonomi dalam melanjutkan dan atau menyelesaikan masa studi di Universitas Pertamina.

Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina akan diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina maksimal 8 (delapan) semester, kemudian setiap tahunnya akan dilakukan evaluasi mengenai keberhakan akan beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.


Tipe Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

Terdapat dua tipe yang diberlakukan untuk Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina, tipe-tipe tersebut antara lain:

  • Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
  • Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP


Cara Mendaftar Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

  • Calon mahasiswa mendaftar melalui jalur seleksi nilai raport Universitas Pertamina Periode I (15 November 2020 s/d 4 Januari 2021). Selain itu ada juga jalur seleksi nilai raport Universitas Pertamina Periode II (Pertengahan Januari 2021). Semua proses pendaftaran dilakukan melalui online pada link https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya pahami dulu Persyaratan dan Ketentuan Jalur Seleksi Nilai Raport. Dapat dilihat pada link berikut https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran
  • Pengiriman form akan tertera lokasi ujian hanya ada lokasi di Jakarta (default). Karena pendaftaran dan ujian secara online jadi tidak masalah mengenai hal tersebut.
  • Saat penginputan nilai raport, nilai yang diinput adalah nilai aspek pengetahuan dan hanya kelompok mata pelajaran wajib.
  • Berkas diupload dengan ketentuan:
  • Softcopy pas foto dengan latar belakang warna merah atau biru disesuaikan dengan tahun lahir. Ukuran file <200 KB dan dalam format JPG, JPEG atau PNG
  • Scan Kartu Keluarga (KK) Terbaru
  • Scan Ijazah (Bagi yang sudah memiliki ijazah)
  • Scan nilai raport semester 1 s/d 5 format PDF dan dibuat dalam satu file dengan ukuran <2 MB

  • Calon mahasiswa melakukan proses pembayaran pendaftaran SNR-UP melalui bank yang ditunjuk agar calon mahasiswa mendapatkan nomor peserta seleksi.
  • Calon mahasiswa melengkapi data diri, memilih program Beasiswa Ekonomi lalu selanjutnya mencetak kartu Ujian Masuk
  • Selanjutnya calon mahasiswa memilih Program Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina dengan mengirimkan dokumen ke email: beasiswa@universitaspertamina.ac.id dan di-cc ke: beasiswa.up@gmail.com. Berikut berkas dokumen yang harus dilampirkan:
  • Scan Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2021/2022 yang telah dilengkapi kemudian ditandatangani di atas materai Rp 6.000.
  • Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan tempat tinggal calon mahasiswa terbaru.
  • Scan Kartu Keluarga (KK) Terbaru
  • Scan KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa
  • Scan KTP kedua orang tua.
  • Scan Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau Surat Keterangan Pengganti Slip Gaji bagi orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak memiliki slip gaji bulanan yang diterbitkan oleh Kelurahan tempat calon mahasiswa tinggal
  • Scan bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum periode seleksi.
  • Scan tagihan PBB rumah tinggal pada tahun 2020. 

  • Membuat karya tulis 4 (empat) paragraf yang tidak kurang dari 600 kata dan tidak lebih dari 1000 kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina”
  • Scan maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik.
  • Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal


Penting untuk Diperhatikan:

  • Seluruh hasil scan dokumen disimpan dalam format PDF ukuran maksimal setiap berkas 750 KB. Format penamaan setiap berkas:

[Nomor Berkas]_[Jenis Berkas]_[Nama Pengaju Beasiswa]_[Nomor Ujian]. Contoh: [02]_SKM_Fadillaturrahmah_123456789.pdf

  • Seluruh dokumen yang telah diubah ke dalam format PDF dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format ZIP atau RAR atau .7zip atau .7z dan diberi nama folder:

[Nama Pengaju Beasiswa]_[Nomor Ujian]
Contoh: Fadillaturrahmah_123456789.rar.
Ukuran maksimal lampiran berkas adalah 10 MB.


  • Batas waktu pengiriman email Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina sampai 25 Desember 2020 pukul 12.00 WIB siang (untuk peserta SNR-UP Periode I) atau 20 Maret 2021 pukul 12.00 WIB siang (untuk peserta SNR-UP Periode II). Kegagalan atau keterlambatan mengumpulkan dokumen akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2021.


Apabila ada pertanyaan mengenai Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina dapat menghubungi kontak berikut:

Komplek Universitas Pertamina

Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta 12220

Telp. : (021) 29044308

Whatsapp: 081290645081

Instagram: @um_universitaspertamina

Email: info@universitaspertamina.ac.id atau

pmb@universitaspertamina.ac.id (Format Email : Nama, Alamat, Asal Sekolah, No.Telp, Pilihan Jurusan, Pertanyaan)

Sumber Website resmi: https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/

Terimakasih, Semoga bermanfaat dan dapat dibagikan kepada rekan-rekan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi): Organisasinya Guru Penulis di Indonesia

PPG PJOK Terbaru: Pendekatan Pembelajaran (Definisi, Jenis, Macam, dan Karakteristiknya)